Terbaru

Wednesday, November 22, 2023

10. PEMELIHARAAN

10. PEMELIHARAAN

Proses pemeliharaan melibatkan upaya untuk mempertahankan semua pabrik dan mesin yang digunakan untuk pengecoran logam agar tetap dalam kondisi beroperasi yang aman. Tungku yang digunakan untuk melelehkan logam sering dilapisi dengan bata tahan api yang memiliki kandungan kuarsa tinggi. Bata-bata ini disemen ke dalam tungku dengan grouting yang mungkin mengandung serat asbes. Jenis tungku membutuhkan perawatan rutin, dan ini melibatkan penggantian bahan tahan api. Karena risiko kesehatan yang terlibat, tindakan pencegahan khusus harus diambil untuk melindungi orang yang melakukan pekerjaan ini.

Potensi Bahaya

1. Listrik

-       Potensi Bahaya Pekerjaan pemeliharaan dapat melibatkan koneksi atau perbaikan peralatan listrik, menyebabkan risiko kejutan listrik. Prosedur keselamatan listrik dan pelatihan diperlukan.

2. Debu

-       Potensi Bahaya Pemeliharaan pada tungku atau peralatan dapat menghasilkan debu yang berbahaya. Pengelolaan debu dan penggunaan peralatan pelindung diri diperlukan.

3. Gas

-       Potensi Bahaya Gas yang terlepas selama pemeliharaan dapat menjadi risiko kesehatan. Ventilasi yang baik dan penggunaan peralatan pelindung diri diperlukan.

4. Kebisingan/Getaran

-       Potensi Bahaya Pemeliharaan dapat melibatkan kebisingan atau getaran yang tinggi dari peralatan. Penggunaan perlindungan pendengaran dan manajemen getaran diperlukan.

5. Udara Tekan

-       Potensi Bahaya Sistem udara tekan yang digunakan dalam pemeliharaan dapat menyebabkan risiko cedera. Pengelolaan tekanan dan pelatihan diperlukan.

6. Kimia/Pelarut

-       Potensi Bahaya Penggunaan zat kimia atau pelarut selama pemeliharaan dapat menjadi risiko kesehatan. Pemantauan bahan kimia dan penggunaan peralatan pelindung diri diperlukan.

7. Heights/Ruang Tertutup

-       Potensi Bahaya Pemeliharaan pada ketinggian atau dalam ruang tertutup dapat menyebabkan risiko jatuh atau kekurangan oksigen. Prosedur keselamatan ketinggian dan ventilasi diperlukan.

8. Mechanical/Penanganan Secara Manual

-       Potensi Bahaya Penggantian atau perbaikan mekanis dapat melibatkan penggunaan alat atau penanganan manual yang dapat menyebabkan cedera. Pelatihan dan peralatan pelindung diri diperlukan.

9. Rumah Tangga

-       Potensi Bahaya Kecelakaan rumah tangga, seperti tergelincir atau jatuh, dapat terjadi selama pekerjaan pemeliharaan. Kebersihan dan keselamatan lingkungan kerja harus dijaga.

10. Limbah Berbahaya

-       Potensi Bahaya Limbah berbahaya yang dihasilkan selama pemeliharaan perlu dikelola dengan benar untuk menghindari pencemaran dan risiko kesehatan.

Dengan mengidentifikasi dan mengelola potensi bahaya ini, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman selama proses pemeliharaan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...