Terbaru

Monday, July 19, 2021

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SMK

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan

 

No

KOMPETENSI DASAR (3)

KOMPETENSI DASAR (4)

Materi

1

Memahami sikap  dan perilaku wirausahawan

Mempresentasi

kan  sikap dan perilaku wirausahawan

B4CA MATERI

2

Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

Menentukan peluang usaha   produk barang/jasa

B4CA MATERI

3

Memahami hak atas kekayaan intelektual

Mepresentasikan hak atas kekayaan intelektual

B4CA MATERI

4

Menganalisis konsep  desain/ prototype  dan kemasan produk barang/jasa

Membuat desain/ prototype dan kemasan produk

barang/jasa

B4CA MATERI

5

Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

B4CA MATERI

6

Menganalisis lembar kerja /gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa

Membuat lembar kerja /gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa

 

B4CA MATERI

7

Menganalisis biaya produksi prototype produk barang/jasa

Menghitung biaya produksi prototype produk barang/jasa

B4CA MATERI

8

Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

Membuat prototype  produk barang /jasa

B4CA MATERI

9

Menentukan pengujian kesesuaian fungsi  prototype produk barang/jasa

Menguji prototype

produk barang/ jasa

B4CA MATERI

10

Menganalisis perencanaan    produksi  massal

Membuat perencanaan   produksi massal

B4CA MATERI

11

Menentukan indikator keberhasilan tahapan  produksi massal

Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi missal

B4CA MATERI

12

Menerapkan  proses produksi massal

Melakukan   produksi massal

B4CA MATERI

13

Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa

Melakukan

perakitan produk barang/jasa

B4CA MATERI

14

Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa

Melakukan pengujian produk barang/jasa

B4CA MATERI

15

Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan

Melakukan  pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar operasional

B4CA MATERI

16

Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa

Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa

B4CA MATERI

17

Menentukan media promosi

 Membuat media promosi berdasarkan segmentasi pasar

B4CA MATERI

18

Menyeleksi strategi                 pemasaran

 

Melakukan  pemasaran

B4CA MATERI

19

Menilai perkembangan usaha

 

Membuat bagan  perkembangan usaha

B4CA MATERI

20

Menentukan standard laporan keuangan

Membuat Laporan Keuangan

B4CA MATERI

 SELAMAT BELAJAR

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...