Terbaru

Monday, July 19, 2021

Pengertian Wirausaha

A. Pendahuluan

Sudah saatnya generasi muda memiliki pola pikir dan cita-cita menjadi seorang wirausaha. Impian menjadi karyawan atau pegawai setelah lulus sekolah jangan sampai dijadikan tujuan satu-satuya. Banyaknya pengangguran di negeri ini utamanya di dominasi oleh lulusan sekolah menengah kejuruan  atau SMK. Kenyataan tersebut hendaknya bisa menyadarkan para generasi muda. Para lulusan setiap tahun bertambah, sementara ketersediaan lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan banyaknya pencari kerja.

Kesadaran itu harus dibangun dan dimiliki oleh para generasi muda saat ini. Dengan menjadi seorang wirausaha akan memberikan banyak manfaat bagi kemajuan negeri ini. Peran wirausaha penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan orang lain di lingkungan sekitar. Demikian juga, ia akan ikut serta membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran di negara kita. Bangsa ini membutuhkan generasi-generasi yang terampil, kreatif dan inovatif.

B.  Pengertian Wirausaha

Tentunya kita sering mendengar istilah wirausaha atau entrepreneur. Istilah entrepreneur pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke 18 oleh seorang  ekonom  perancis  yang  bernama  Richard  Cantilon.  Entrepreneur adalah  agent  who  buys  means  of  producition  at  certain  prices  in  order  to combine themEtimologi kata wirausaha adalah berasal dari kata wira” dan usahaWira” berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani  dan  berwatak agung. Kata wira”  juga digunakan dalam kata “perwira. Sedangkanusaha” berartiperbuatan untuk mencapai sebuah tujuan. Jadi, secara etimologis/harfiah, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan. Seorang wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi wirausaha menurut beberapa ahli:

 1.    Syamsudin Suryana

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi  pada  tugas  dan  hasil,  pengambil  resiko  yang  wajar, kepemimpinan  yang  lugas,  kreatif  menghasilkan  inovasi,  serta  berorentasi pada masa depan.

2.    Prawirokusumo

Wirasusaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

3.    Joseph Schumpeter

Wirausaha adalah seorang inovator yang melakukan berbagai perubahan di dalam  pasar  lewat  penggabungan  beberapa  hal  atau  sesuatu  yang  baru. Adapun sesuatu yang baru tersebut bisa dalam bentuk:

1. Ada produk baru yang dikenalkan

2. Ada produk baru yang dikenalkan

3. Ada metode produksi baru

4. Dibukanya pasar yang baru

5. Diperolehnya sumber pasokan baru dari komponen yang baru

6. Dijalankannya suatu organisasi baru pada sebuah perusahaan

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...