Terbaru

Wednesday, August 18, 2021

Jenis Mesin Bubut Berdasarkan Ukurannya

 Gambar 3.1 Mesin bubut pada lingkungan kerja

Mesin bubut adalah salah satu jenis mesin perkakas yang memiliki prinsip kerja menyayat bagian tertentu dari sebuah objek atau benda kerja untuk menghasilkan bentuk tertentu pada benda kerja yang diputar. Benda kerja yang akan diubah bentuknya akan mengalami proses rotasi dan pemakanan oleh pahat yang digerakkan memutar sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Selama proses rotasi terjadi dua gerakan putar, yaitu gerak potong relatif yang berasal dari gerakan putar benda kerja dan gerak umpan yang berasal dari gerakan translasi pahat. Benda kerja dicekam dengan poros spindle dengan bantuan chuck yang memiliki rahang pada salah satu ujungnya. Poros spindle akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindle. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya, pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.

Jenis-jenis mesin bubut yang sekarang ada di pasaran sangat banyak sehingga benda kerja material yang dihasilkan dapat beragam dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pembubutan. 

Pada proses pembubutan dibutuhkan pengetahuan mendasar mengenai mesin bubut dan cara pembubutan benda kerja dengan baik. Oleh karena itu, pelajarilah materi mesin bubut berikut ini dengan sungguh-sungguh. 

A. Jenis Mesin Bubut Berdasarkan Ukurannya

Mesin bubut berdasarkan ukurannya dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut. 

1. Mesin Bubut Ringan (Mini Lathe)

Mesin bubut ringan digunakan untuk latihan dan pekerjaan ringan. Bentuk peralatannya kecil dan sederhana. Dipergunakan untuk mengerjakan benda-benda kerja yang berukuran kecil. Pada umumnya mudah untuk dipindahkan karena beratnya yang relatif ringan dan digunakan untuk pengerjaan benda kerja yang relatif lunak, seperti aluminium, kuningan, tembaga, kayu, dan teflon.


Gambar 3.2 Mesin bubut ringan

Pengerjaan pembubutan dengan menggunakan mesin bubut ini pada umumnya hanya dapat dilakukan secara terbatas, yaitu berikut ini.

a. Pengerjaan benda kerja dengan panjang kurang dari 400 mm.

b. Pengerjaan benda kerja dengan diameter kurang dari 200 mm.

c. Kedalaman penyayatan tidak lebih dari 0,2 mm.

d. Pembubutan ulir metris hanya M 0.5 - M 3, dan ulir Whitworth hanya W 8 - W 44.

e. Pada umumnya, terdapat komponen yang terbuat dari plastik, jadi pada komponen tertentu lebih mudah rusak.

2. Mesin Bubut Standar (Standart Lathe)

Mesin bubut standar sudah dilengkapi dengan peralatan pendukung lainnya sehingga dapat digunakan untuk pekerjaan yang lebih bervariasi dan dengan hasil yang lebih cermat dan teliti. Mesin bubut ini dapat digunakan untuk menghasilkan atau memperbaiki komponen mesin. Mesin bubut ini banyak dimanfaatkan pada dunia pendidikan atau pusat pelatihan. Jenis mesin bubut ini mampu digunakan untuk membubut benda kerja dengan diameter sampai 400 mm dan panjang sampai degan 1.500 mm. Secara umum, memiliki bagian atau komponen yang sama seperti pada mesin bubut ringan, tetapi ditambahkan kelengkapan lain untuk mendukung pekerjaan yang lebih banyak. Diantaranya adalah pengaturan pembuatan penerangan benda kerja, bak penampung chip, dan rem untuk menghentikan mesin apabila dalam keadaan darurat. Mesin bubut ini dibuat lebih besar daripada mesin bubut ringan. Hal ini dimaksudkan agar mesin lebih stabil pada saat proses pembubutan berlangsung.


Gambar 3.3 Mesin bubut standar

3. Mesin Bubut Meja Panjang (Long Bed Lathe)

Mesin bubut meja panjang dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut. 

a. Mesin Bubut Standar Meja Panjang

Pada umumnya, mesin bubut standar dengan meja panjang sama seperti mesin bubut standar, akan tetapi mesin ini mempunyai panjang bed yang bervariasi antara 3-7 meter. Mesin ini termasuk mesin bubut industri yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan panjang dan besar, poros panjang dan sebagainya.

 

Gambar 3.4 Mesin bubut standar bed panjang

b. Mesin Bubut Lantai Meja Panjang

Mesin bubut lantai beralas panjang mempunyai alas yang panjangnya bervariasi 3-7 meter dengan diameter cekam sampai dengan 2 meter. Posisi bed mesin ini langsung diletakkan di lantai bengkel sehingga cocok untuk industri besar dan membubut diameter benda yang besar misalnya poros baling-baling kapal, menyelesaikan hasil cetakan roda mesin pengeras jalan (wheel vibrator), roda-roda puli yang besarm dan sebagainya. Pergerakan penjepit pahat, kepala lepas, dan pengikatan benda kerjanya harus dilakukan dengan tenaga hidraulik, pneumatik, ataupun elektrik. Demikian pula pemindahan benda kerjanya dibantu dengan alat angkat sehingga mesin ini hanya digunakan untuk industri mesin perkakas berskala besar.


Gambar 3.5 Mesin lantai bed panjang



No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...