Terbaru

Tuesday, August 3, 2021

Perlengkapan Mesin Bubut dan Spesifikasi/Ukuran Mesin Bubut

 2. Perlengkapan Mesin Bubut

a. Alat pencekam/pengikat  benda kerja

Alat pencekam  benda kerja mesin bubut  terdapat beberapa jenis sebagai berikut. 

1) Cekam (chuck)

Cekam adalah salah satu alat kelengkapan  mesin bubut yang berfungsi menjepit/mengikat benda kerja pembubutan. Jenis alat ini apabila dilihat dari gerakan rahangnya dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu cekam sepusat (self centering chuck) dan cekam tidak sepusat (independent chuck).

2)    Cekam kolet (collet chuck)

Cekam kolet adalah salah satu kelengkapan mesin bubut yang berfungsi menjepit/mencekam  benda kerja dengan  permukaan relatif halus dan berukuran kecil. Cekam kolet memiliki tiga bagian, yaitu kolet (collet), dudukan/rumah kolet (collet adapter), dan batang penarik (drawbar). Bentuk lubang pencekam kolet ada tiga macam, di antaranya bulat, segi empat, dan segi enam.

b. Alat pembawa

Alat pembawa mesin kerja terdiri atas beberapa jenis sebagai berkut.

1) Pelat pembawa

Jenis pelat pembawa ada dua, yaitu pelat pembawa permukaan bertangkai (driving plate) dan pelat pembawa permukaan rata (face plate). Konstruksi pelat pembawa  berbentuk bulat dan pipih, berfungsi  untuk memutar pembawa (lathe-dog) sehingga benda kerja yang terikat akan ikut berputar bersama spindel mesin.

2) Pembawa (late-dog)

Pembawa (late-dog) mesin bubut secara garis besar ada dua jenis, yaitu pembawa berujung lurus dan pembawa berujung bengkok. Fungsi dari alat ini untuk membawa benda kerja agar ikut berputar bersama spindel mesin. 

c. Alat penahan benda kerja

1) Penyangga/penahan

Penyangga  adalah salah satu alat mesin bubut dengan fungsi menahan benda kerja yang memiliki ukuran relatif panjang. Benda kerja berukuran panjang apabila dilakukan pembubutan. Apabila tidak dibantu penyangga, kemungkinan  diameternya akan menjadi elips/oval, tidak silindris, dan tidak rata karena terjadi getaran akibat lenturan benda kerja. Penyangga mesin bubut ada dua macam, yaitu penyangga tetap (steady rest) dan penyangga jalan (follower rest).

2) Senter

Senter terbuat dari baja yangdikeraskan dan digunakan mendukungbenda kerja yang  akan dibubut. Ada dua jenis senter, yaitu senter tetap/mati (senter yang posisi ujung senternya diam tidak berputar saat digunakan) dan senter putar (senter yang posisi ujung senternya selalu berputar saat digunakan). Kedua jenis senter ini ujung bagian tirusnya memiliki sudut 60° dan jika digunakan pemasangan ujung kepalanya lepas.

d. Alat bantu pengeboran

Alat bantu pengeboran  adalah alat yang digunakan  untuk mengikat cutting tool bor termasuk rimer, konterbor, dan kontersing pembubutan. Berdasarkan sistem penguncian/pecekamannya, alat tersebut terdiri atas dua jenis, yaitu  cekam bor dengan kunci dan cekam bor tanpa pengunci  (keyless chuck drill). Teknik menggunakan cekam bor dengan  kunci berfungsi  mengencangkan mulut rahang, sedangkan  untuk cekam bor tanpa kunci digunakan  untuk mengencangkan mulut rahang tanpa menggunakan alat bantu kunci cekam bor sehingga  cukup  dengan  memutar rumah rahangnya  dengan  tangan. Penggunaan kedua alat ini maka harus dipasang kepala lepas.

3. Spesifikasi/Ukuran Mesin Bubut
Spesifikasi mesin bubut termasuk jenis mesin bubut lainnya, yang paling  utama ditentukan oleh seberapa panjang jarak antara ujung senter kepala lepas dengan ujung senter kepala tetap dan tinggi jarak antara pusat senter dengan meja mesin. Misalnya, panjang  mesin 2.000 mm, artinya eretan memanjangnya  hanya dapat digerakkan/digeser  sepanjang  2.000 mm. Tinggi  mesin bubut, misalnya 250 mm artinya mesin bubut tersebut hanya mampu membubut  benda kerja maksimum berdiameter 250 x 2 = 500 mm. Meskipun demikian, ada beberapa mesin bubut yang mejanya didesain bermeja, yaitu ujung meja di dekat spendel mesin/kepala tetap konstruksi memiliki sambungan sehingga saat membubut benda kerja berdiameter melebihi kapasitas mesin sambungan dan mejanya dapat dilepas (meja perut).
Untuk pembelian mesin bubut yang baru maka data spesifikasi lainnya harus lengkap. Apabila tidak lengkap, terdapat kemungkinan  mesin bubut yang dibeli tidak memiliki spesifikasi atau tidak sesuai dengan yang diharapkan. Data spesifikasi mesin bubut secara lengkap dapat dilihat pada Tabel 1.1. 
Tabel 1.1. Data Spesifikasi Mesin Bubut
 


No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...