Terbaru

Tuesday, August 3, 2021

Teknik Pembubutan Eksentrik - Menggunakan Chuck Eksentrik dan Pembubutan Eksentrik Diantara Dua Center

 D. Pembubutan Eksentrik dengan Menggunakan Chuck Eksentrik

Proses pembubutan eksentrik menggunakan chuck yang dapat bergeser pada flens yang menyebabkan sumbu putar chuck berubah. Keuntungannya adalah besar pergeseran lebih presisi dan setting lebih cepat. Dengan menggunakan chuck ini, daya cengkeran rahang dapat dilakukan dengan maksimal. Namun, chuck jenis ini lebih mahal daripada cekam rahang tiga dan rahang empat. 

Untuk menggeser sumbu pada chuck eksentrik, dapat dilakukan dengan cara mengendorkan baut pengunci pada flens dan menggeser sesuai ukuran yang dibutuhkan. Chuck tersebut dilengkapi dengan skala tertentu yang menunjukkan besar pergeseran sumbunya. Dalam proses penyettingan, chuck eksentrik jauh lebih cepat karena lebih mudah dan sudah dilengkapi dengan skala penunjuk pergeseran sumbu putarnya.

E. Pembubutan Eksentrik Diantara Dua Center

Pembubutan eksentrik di antara dua center adalah pembubutan eksentrik tanpa menggunakan chuck sebagai pencekam benda kerja. Lubang center masing-masing ujung benda kerja dibuat dengan menggunakan mesin milling. Lubang center tersebut digunakan sebagai dudukan center benda kerja tersebut.

Jika ‘e’ kecil, maka: 

1. Klem benda pada V-block

2. Buat goresan pada sumbu benda pada kedua sisi muka tegak lurus

3. Putar benda 90o

4. Buat goresan sejauh ‘e’ pada kedua penampang

5. Buat titik dengan center punch

6. Buat lubang centre drill

7. Cekam di between centre 

Jika ‘e besar, maka:

1. Buat lubang centre drill pada kedua sisi muka.

2. Buat goresan melingkar dengan jangka sejauh ‘e.

3. Klem pada V-block.

4. Buat goesan tegak lurus pada garis lingkar.

5. Bat tanda dengan center punch.

6. Buat lubang centre drill pada garis perpotongan.

F.     Pembubutan Eksentrik dengan Menggunakan Mandrel
Proses pembubutan eksentrik dengan menggunakan mandrel pada umumnya digunakan pada benda kerja yang memiliki lubang sehingga tidak dapat dilakukan pembubutan eksentrik di antara dua center. Penggunaan mandrel ini biasanya juga digunakan pada benda kerja yang tipis sehingga tidak dapat dicekam pada chuck.
Proses pembubutan ini diawali dengan membuat lubang pada benda kerja sesuai ukuran mandrel sehingga mandrel dapat memegang benda kerja tersebut. Pembubutan ini bisa dilakukan bisa dengan chuck ataupun dua center. Pada ujung mandrel terdapat lubang yang digunakan sebagai pengatur sumbu putar benda kerja apabila dilakukan pembubutan eksentrik dengan mandrel di antara dua center.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...