Terbaru

Tuesday, August 3, 2021

ALAT POTONG PADA MESIN BUBUT - BOR SENTER

 ALAT POTONG PADA MESIN BUBUT

Pada kegiatan produksi di industri manufaktur yang menggunakan fasilitas mesin perkakas, alat potong merupakan salahsatu jenis alat yangmutlak diperlukan untuk melakukan proses produksinya. Berbagi macam dan bentuk alat potong yang digunakan sesuai dengan hasil produkyang diinginkan.

Alat  potong  berfungsi  untuk  menyayat/  memotong  benda  kerja  sesuai  dengan tuntutan  bentuk  dan  ukuran  pada  gambar  kerja.  Pada  proses  pembubutan  ada beberapa jenis alat potong yang digunakan diantaranya: senter bor/centre drill, mata bor/drill, konter bor, reamer, konter sing, pahat bubut dll.

Hasil produk pada proses pemesinan bubut sangat  dipengaruhi oleh kondisi dan geometris alat potong yang digunakan, yang proses penyayatnya/pemotongan dapat dapat dilakukan dengan cara gerak memanjang, melintang atau menyudut tergantung pada hasil bubutan yang diinginkan

a. Macam Alat Potong Pada Mesin Bubut

Selain pahat bubut, terdapat bebeberapa macam alat potong yang digunakan pada mesin bubut diantaranya:

1) Bor Senter (Centre drill)

Bor senter adalah salah satu alat potong pada mesin bubut yang berfungsi untuk membuat lubang senter pada ujung permukaan benda kerja. Jenis bor senter ada tiga yaitu: bor senter standar (standar centre driil), bor senter dua mata sayat (safety type centre drill) dan bor senter mata sayat radius (radius form centre drill).

a) Bor senter standar (Standard centre drill):

Bor  senter  standar  memiliki  sudut  mata  sayat  pengarah  sebesar  60º, sehingga hasil lubang senter yang dibuat memilki sudut yang sama dengan sudut mata sayatnya. Bor senter jenis ini memiliki dua ukuran, yaitu bor senter standar panjang normal (Gambar 2.2) dan bor senter ekstra pendek/panjang  (Gambar 2.3).

b) Bor senter mata sayat bertingkat

Bor senter mata sayat (Gambar 2.5), fungsinya sama dengan senter bor standar  yaitu  untuk  membuat  lubang  senter  bor  yang  memilki  sudut pengarah  senter  60º.  Perbedaannya  adalah  apabila  pada  saat  membuat lubang  senter  bor  diperlukan  hasil  lubang  senternya  bertingkat  setelah bidang tirusnya, maka dapat digunakan senter bor jenis ini.

c) Bor Senter  bentuk radius/ Radius form centre drill

Bor senter bor bentuk radius (Radius form centre drill) – (Gambar 2.6), memilki mata sayat berbentuk radius. Sehingga sehingga hasil lubang senter yang dibuat memilki profil yang sama dengan sudut mata sayatnya yaitu berbentuk radius. Kelebihan lubang senter bor bentuk radius ini adalah, apabila membubut diantara dua senter yang diperlukan pergeseran kepala lepas realtif besar, bidang lubang senter maupun senter tetap/ senter putar lebih aman karena bidang singgung pada lubang senter relatif lebih kecil bila   dibandingkan   dengan   lubang   senter   bor   bentuk   standar.   Hasil pembuatan lubang senter bor bentuk radius dapat dilihat pada (Gambar 2.7).

Penggunaan senter bor pada proses pembubutan harus pasang atau diikat dengan cekam bor (drill chuck) yang dipasang pada kepala lepas. Pemasangan senter drill dan hasilnya pada proses pembubutan dapat dilihat pada (Gambar 2.7).

Untuk  megetahui  standar  ukuran  diameter  bodi  dan  diameter  ujung  bor senter dalam satuan mmdapat dilhat pada tabel 2.1.

Hal  lain  yang  penting  diketahui  bahwa,jenis  senter  bor  yang  sering digunakan  dilingkungan  industri  manufatur  maupun  pendidikan  adalah senter bor standar dan senter bor bentuk radius.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...