Terbaru

Tuesday, August 3, 2021

Teknik Pembubutan Eksentrik - Memahami Pembubutan Eksentrik

 Proses bubut adalah proses pembentukan benda kerja dengan mengurangi benda kerja (Material removal). Pengurangan material dilakukan pada benda kerja yang berputar dengan alat potong (pahat) yang bergerak secara linear (melintang, memanjang, atau membentuk sudut) sehingga benda kerja yang dihasilkan memiliki penampang berbentuk lingkaran.

Jenis pekerjaan pembubutan yang dapat dilakukan dengan menggunakan mesin bubut universal sangat bervariasi, beberapa di antaranya: membubut muka (facing), membubut lurus/rata yaitu dalam arah memanjang, membubut alur, membubut ulir baik ulir luar maupun ulir dalam, membubut tirus, mengebor dan membubut diameter dalam, mengkartel, serta membubut radius dan chamfer. Pembubutan dalam arah memanjang bisa dilakukan dengan menggunakan satu sumbu atau lebih di dalam suatu benda kerja. Pembubutan yang dilakukan dengan menggunakan lebih dari satu sumbu dalam benda kerja disebut pembubutan eksentrik.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar 1. Benda Hasil Pembubutan Eksentrik
(Sumber Google)

Bingung bagaimana membuat benda seperti digambar? Pembubutan benda gambar di atas bisa dilakukan dengan berbagai cara. Benda di atas dinamakan benda eksentrik. Pemahaman dan pengetahuan mengenai teknik pembubutan eksentrik sangat mempengaruhi pengoperasian mesin bubut. Pelajarilah materi teknik membubut eksentrik ini dengan sungguh-sungguh agar dapat menghasilkan benda eksentrik sesuai yang ditentukan dan mengurangi kesalahan pembubutan eksentrik yang diakibatkan teknik pembubutan yang salah.

A. Memahami Pembubutan Eksentrik
Pembubutan eksentrik adalah jenis pembubutan yang terdapat lebih dari satu sumbu didalam satu benda kerja. Fungsi eksentrik adalah untuk mengubah gerak berputar menjadi gerak lurus atau sebaliknya. Contoh benda eksentrik dalam komponen pemesinan adalah poros engkol/engine crank shaft, compressor crank saft dan masih banyak komponen mesin lainnya.
Titik eksentrik didapatkan dari pergeseran sumbu utama yang disimbolkan“e”. rumus pergeseran sumbu utama dalam eksentrik adalah:
e = R-r-x
Keterangan:
e = pergeseran sumbu utama (mm)
R = jari-jari dari diameter besar benda kerja (mm)
r = jari-jari dari diameter kecil benda kerja (mm)
x = jarak terdekat dari keliling kedua lingkaran (mm) Perhatikan gambar di bawah.
Dari gambar diatas diketahui: 
R = 15 mm
r = 5 mm 
x = 2 mm
Pergeseran sumbu utama benda eksentrik tersebut adalah:
e = R – r – x
e = 15 – 5 – 2 
e = 8 mm
Beberapa teknik pembubutan dapat membuat benda eksentrik, diantaranya:
1. Pembubutan eksentrik dengan menggunakan cekam rahang tiga
2. Pembubutan eksentrik dengan menggunakan cekam rahang empat
3. Pembubutan eksentrik dengan menggunakan dua center
4. Pembubutan eksentrik dengan menggunakan cekam eksentrik
5. Pembubutan eksentrik dengan menggunakan mandrel

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...