Terbaru

Tuesday, March 21, 2023

Cara Membaca Resistor 3 Gelang

Resistor 3 gelang biasanya digunakan pada rangkaian elektronik yang sederhana atau sebagai resistor dengan nilai kecil. Contoh penggunaan resistor 3 gelang antara lain pada rangkaian pembagi tegangan, pengaturan kecerahan lampu LED, dan rangkaian sensor.

Untuk membaca resistor 3 gelang, ikuti langkah-langkah berikut:

1.      Identifikasi warna dari gelang pertama pada resistor. Ini adalah gelang yang paling dekat dengan ujung resistor dan merupakan gelang pertama dari nilai resistor.

2.      Identifikasi warna dari gelang kedua pada resistor. Ini adalah gelang kedua dari nilai resistor.

3.      Identifikasi warna dari gelang ketiga pada resistor. Ini adalah faktor pengali (multiplier) dari nilai resistor.

4.      Setelah mengidentifikasi warna dari setiap gelang pada resistor, cari tabel kode warna resistor (resistor color code chart) dan cocokkan warna gelang dengan angka yang tertera pada tabel.

5.      Setelah mengetahui nilai resistor dalam satuan ohm, Anda juga dapat menentukan nilai toleransi resistor dengan memeriksa persentase toleransi yang dicantumkan pada spesifikasi produk.

Contoh:

Misalkan resistor memiliki warna gelang berikut: coklat, hitam, merah.

1.      Gelang pertama (coklat) mewakili angka 1.

2.      Gelang kedua (hitam) mewakili angka 0.

3.      Gelang ketiga (merah) mewakili faktor pengali 2 (10 pangkat 2).

4.      Dari tabel kode warna resistor, angka yang sesuai adalah 10 x 100 = 1000 ohm atau 1 kiloohm.

5.      Toleransi resistor tidak diberikan pada kode warna resistor 3 gelang, sehingga Anda perlu memeriksa spesifikasi produk untuk mengetahui persentase toleransi resistor tersebut.


No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...