Terbaru

Sunday, May 23, 2021

Pengefraisan Roda Gigi Lurus

 E. Pengefraisan Roda Gigi Lurus

Beberapa tindakan penyetelan atau pengesetan mesin dengan saksama, akan sangat mengurangi kemungkinan adanya peralaytan mesin yang tidak akurat.

1. Persiapkan mesin frais dengan baik, pasang kepala pembagi universal pda meja mesin dan periksa kesehteran kepala pembagi dengan kepala pembagi dengan kepala lepas.

2. Pasang arbor pada mesin dengan posisi horizomtal dan pisau (pisau frais modul) pada arbor. Kemudian pasang penyangga arbor dan kencangkan baut-bautnya serta mur pada ujung arbor.

3. Pasang benda kerja (bahan roda gigi) yang telah dipegang mandrel pada kepala pembagi, pemotongan dilaksanakan ke arah kepala pembagi.

Gambar 8.4 Arah Pemakanan Benda Kerja Roda Gigi Lurus 

(Sumber: Machining Fundamental)

4. Periksa kesenteran benda kerja dengan menggunakan dial indicator, putara benda kerja satu putaran penuh. Lakukan penyetelan bila perlu dilakukan.

5. Lakukan penyenteran pisau modul terhadap benda kerja. Gunakan mikrometer kedalam dan penyiku baja. Setel mikrometer ke posisi 0.

Gambar 8.5 Kedudukan Cutter dengan Benda Kerja Roda Gigi Lurus 

(Sumber: Machining Fundamental)

6. Lakukan pemotongan awal tahap demi tahap pada setiap gigi untuk satu lingkaran, jika hasil tepat sejajar dengan posisi pertama pemotongan berarti proses pemotongan roda gigi telah siap dilakukan.

7. Pemutaran posisi pemotongan gigi ke gigi selanjutnya sesuai dengan perhitungan jumlah putaran tuas indeks kepala pembagi.

8. Pada saat proses pemotongan roda gigi gunakan cairan pendingin untuk hasil yang baik.

9. Setelah proses pemotongan roda selesai lakukan pengukuran dimensi roda gigi apakah telah sesuai dengan perencanaan.

10. Lepas roda gigi dari mandrel, bersihkan dan rapikan profil tepi gigi dari bagian yang tajam.


No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...