Terbaru

Monday, March 20, 2023

CARA MEMBUAT JOBSHEET PAKAI GOOGLE FORM AUTO GENERATE WORD/PDF

Google Form adalah salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan untuk membuat kuis, survei, dan formulir. Namun, ternyata Google Form juga bisa digunakan untuk membuat jobsheet dengan mudah dan efisien. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat jobsheet di Google Form menggunakan foto dan auto generate untuk membuat Word atau PDF.

Langkah Pertama

Buat Format Jobsheet pada Google Dokumen (online) di google drive. Anda juga bisa membuat formatnya pada Ms. Word (Offline) pada komputer kemudian upload di google drive, selanjutnya buka format yang telah di upload dan simpan sebagai google dokumen.

Langkah Kedua

Pastikan kolom jobsheet yang akan di isi jawaban google form telah sesuai format dan urut

Langkah ketiga

Buat Folder untuk menyimpan google form dan hasil generate Word dan PDF

Langkah keempat

Buat Google Form dan buat pertanyaan pertanyaan sesuai format Jobsheet.

Pastikan Pertanyaan urut seperti yang ada pada jobsheet.

Langkah kelima

Klik tanda titik 3 pada bagian kanan form, kemudian pilih Editor Skrip

Langkah keenam

Masukan skrip pada kolom skrip

Perhatikan pada :

const TEMPLATE_ID = 'Diisi dengan ID Google Dokumen Jobsheet';

const RESULT_FOLDER_ID = 'Diisi dengan ID Folder Penyimpanan Hasil';

const GENERATE_PDF = true; (jika menghendaki auto jadi pdf)

const IMAGE_WIDTH = 150; (ukuran lebar foto pada jobsheet, sesuaikan sendiri)

Cara mendapatkan ID Google Dokumen

Maka Idnya : 15SO2eGtk7NpxH67GFJ6ceQJeSi4RvkQ0OmwkUn2cNXg

Cara mendapatkan ID Folder Penyimpanan

Maka Idnya : 1XFtDhDEvQ8NNO2ykJ_-sW9uIPmXP3Adz

Langkah ketujuh

Simpan Skripnya

Langkah kedelapan

Pilih CreatFormSubmitTrigger

Langkah kesembilan

Klik Jalankan, Pastikan ada log Selesai

Langkah Kesepuluh

Form sudah jadi, bagikan link google form kepada siswa.


Mau Kodenya? WA Me

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...