Terbaru

Sunday, February 21, 2021

Peralatan Material Handling


J. Peralatan Material Handling

Peralatan material handling merupakan bagian terpenting dalam material handling. Material handling diklasifikasikan ke dalam tiga tipe utama yaitu :

1. Conveyor (ban berjalan)

Conveyor terdiri dari bagian-bagian standar dengan teknologi maju, sederhana, dan mudah dalam pemeliharaannya. Digunakan untuk memindahkan material secara kontinu dengan jalur yang tepat. Dapat dipasang secara horisontal atau tertidur dan digabung dengan alat transfer lain. Conveyor terdiri dari tiga jenis, yaitu :

a. Belt

Biasanya digunakan dalam industri pertambangan, metalurgi dan batu bara, mentransfer pasiran, material besar, dan meterial dalam kemasan.

b. Roller

Sistem ini akan memungkinkan anda untuk memindahkan bahan dengan cara sangat cepat dan efisien selama masih memilih sistem yang tepat untuk pekerjaan yang dilakukan.

c. Screw

Screw conveyor menanamkan gerakan positif halus untuk material seperti berputar dalam palung.

2. Crane hoist

Cranes (derek) dan hoist (kerekan) adalah peralatan atas yang digunakan untuk memindahkan beban secara terputus-putus dengan area terbatas. Umumnya ada dua hal yang membedakan crane hoist. Media mengangkat dan jenis energi yang digunakan. Ada tiga tipe crane yaitu :

a. Crane Beroda Crawler

Tipe ini mempunyai bagian atas yang dapat bergerak 3600. Dengan roda crawler maka crane tipe ini dapat bergerak di dalam lokasi proyek saat melakukan pekerjaannya. Pada saat crane akan digunakan di proyek lain maka crane diangkut dengan menggunakan lowbed trailer. Pengangkutan ini dilakukan dengan membongkar boom menjadi beberapa bagian untuk mempermudah pelaksanaan pengangkutan

b. Truck Crane

Crane jenis ini dapat berpindah tempat dari satu proyek ke proyek lainnya tanpa banttuan dari alat pengangkutan. Akan tetapi bagian dari crane tetap harus dibongkar untuk mempermudah perpindahan. Seperti halnya crawler crane, truck crane ini dapat berputar 3600. Untuk menjaga keseimbangan alat, truck crane memiliki kaki. Di dalam pengoperasiannya kaki tersebut harus dipasangkan dan roda diangkat dari tanah sehingga keselamatan pengoperasian dengan boom yang paling panjang akan terjaga.


c. Crane untuk lokasi terbatas

Cran tipe ini diletakkan di atas dua buah as tempat kedua as ban bergerak secara simultan. Dengan kelebihan ini maka crane jenis ini dapat bergerak dengan laluasa. Alat penggerak crane jenis ini adalah roda yang sangat besar yang dapat meningkatkan kemampuan alat dalam bergerak di lapangan dan dapat bergerak di jalan raya dengan kemampuan maksimum 30 mph. Letak ruang operator crane biasanya pada bagian-bagian deck yang dapat berputar.


d. Electric Chain Hoist XN

Adalah yang dimiliki Konecranes dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan industri serta menjadi solusi yang dapat diandalkan untuk memnuhi kebutuhan alat angkat.


e. Electric Belt Hoists XB

Dirancang untuk pemakaian di mana kondisi higienis merupakan hal yang sangat penting, seperti pada industri makanan, agrikultur, kimia, dan industri presisi.


f. Steel Light Crane Systems and Monorails

Konfigurasi sistem light hoist XM Konecranes memberikan solusi yang optimal untuk kebutuhan alat angkat ringan, dari jenis pekerjaan kecil sampai proses produksi yang panjang.


g. Aluminum Light Crane Systems and Monorails

Sistem alumunium light cranes XA merupakan solusi untuk kebutuhan alat angkat modern apapun, selain untuk pemakaian insudtri otomotif tradidional.


h. Jib Cranes

Rentang pilar dan dinding jib Konecranes bersifat sangat fleksibel dan merupakan solusi yang cepat untuk bidang pekerjaan kecil, pergudangan sampai proses produksi.


3. Trucks

Trucks adalah kendaraan yang dirancang untuk mengangkut kargo. Ada dua tipe truk yaitu : yang digerakkan tangan dan digerakkan dengan mesin.


4. Containers

Containers adalah tempat untuk meletakkan barang. Ada dua jenis containers yaitu :

a. Stacking adalah kemampuan setiap container disusun di atas container lain pada saat terisi penuh.

b. Nesting adalah model kontainer yang memungkinkannya disusun di dalam container lain saat dalam kondisi kosong.

5. Pallet

Pallet merupakan suatu unit lood yang sering digunakan. Ukuran pallet yang umum adalah:

32 x 40 in

40 x 48 in

48 x 40 in

36 x 48 in

42 x 42 in

48 x 48 in

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...