Terbaru

Friday, August 7, 2020

Pendahuluan Parameter Pemotongan pada Mesin Gerinda

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, dengan melalui mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat:
a. Menghitung kecepatan keliling roda gerinda pada proses penggerindaan datar
b. Menerapakan kecepatan keliling roda gerinda pada proses penggerindaan datar
c. Menghitung  putaran  mesin  (Revolotion  permenit   Rpm)  pada  proses penggerindaan datar
d. Menerapkan putaran mesin (Revolotion permenit Rpm) pada proses

penggerindaan datar

e. Menghitung waktu pemesinan pada proses penggerindaan datar

f.  Menerapakan waktu pemesinan pada proses penggerindaan datar



2. Uraian Materi

Sebelum mempelajari materi parameter pemotongan pada mesin gerinda datar, lakukan kegiatan sebagai berikut:


Pengamatan:

Silahkan anda mengamati beberapa  kegiatan  proses peggerindaan  pada mesin gerinda datar (Gambar 3.1) atau objek lain sejenis disekitar anda. Pada saat melakukan proses penggerindaan seperti yang anda lihat, untuk dapat menggerinda permukaan benda kerja dengan baik sesuai tuntutan pekerjaan, selain harus menggunakan spesifikasi roda gerinda yang sesuai fakktor lainnya adalah penetapan parameter pemotongan yang digunakan pada saat proses penggerindaan datar. Sebutkan parameter pemotongan apa saja diperlukan untuk melakukan kegiatan tersebut dan jelaskan bagaimana cara menghitungnya
 
Gambar 3.1. Proses pnggerindaan datar pada mesin gerinda datar

Menanya:

Apabila anda mengalami kesulitan dalam memahami tentang apa saja parameter pemotongan yang diperlukan pada proses penggerindaan datar dan cara menghitungnya, bertanyalah/berdiskusi atau berkomentar kepada sasama teman atau guru yang sedang membimbing anda.
  
Mengekplorasi:

Kumpulkan data secara individu atau kelompok, terkait parameter pemotongan pada mesin bubut melalui:   benda konkrit, dokumen, buku sumber, atau hasil eksperimen.

Mengasosiasi:

Setelah anda memilki data dan menemukan jawabannya, selanjutnya jelaskan bagaimana cara menerapkan pada proses pemebubutan

Mengkomunikasikan:
Presentasikan   hasil   pengumpulan   data-data   anda,   terkait   parameter pemotongan pada mesin bubut, dan selanjutnya buat laporannya.

PARAMETER PEMOTONGAN PADA MESIN GERINDA DATAR

Yang dimaksud dengan parameter pemotongan pada mesin gerinda datar adalah, informasi berupa dasar-dasar perhitungan, rumus dan tabel-tabel yang  medasari   teknologi   prose pemotongan/penyayata pad mesin gerind datar Paramete pemotongan   pad mesin   gerinda   datar diantaranya: kecepatan keliling roda gerinda (peripheral operating speed - POS),  kecepataputar  mesin  (Revolotion  Permenit  -  Rpm),  dan  waktu proses pemesinannya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...