Terbaru

Monday, May 15, 2023

Monday, May 15, 2023

V. Pemeliharaan dan Perawatan Sistem Hidrolik pada Kendaraan Ringan

V. Pemeliharaan dan Perawatan Sistem Hidrolik pada Kendaraan Ringan

A. Pemeriksaan Rutin Sistem Hidrolik

1.        Periksa Kebocoran: Periksa adanya kebocoran pada pipa, selang, sambungan, dan komponen hidrolik lainnya. Kebocoran dapat mengurangi kinerja sistem dan menyebabkan kegagalan komponen.

2.        Periksa Kondisi Fluida: Periksa level dan kondisi fluida hidrolik. Pastikan level cairan berada dalam batas yang direkomendasikan dan tidak tercemar atau terkontaminasi.

3.        Periksa Tekanan: Periksa tekanan sistem hidrolik dengan menggunakan alat pengukur tekanan yang sesuai. Pastikan tekanan berada dalam rentang yang ditentukan oleh produsen.

4.        Periksa Komponen: Periksa kondisi visual komponen hidrolik, seperti pompa, silinder, katup, dan reservoir. Pastikan tidak ada kerusakan, keausan berlebihan, atau tanda-tanda kegagalan.

B. Penggantian dan Pengisian Fluida Hidrolik

1.        Penggantian Fluida: Gantilah fluida hidrolik secara teratur sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan. Fluida hidrolik yang kotor, tercemar, atau teroksidasi dapat menyebabkan kerusakan pada sistem hidrolik.

2.        Pengisian Fluida: Pastikan pengisian fluida hidrolik dilakukan dengan benar. Gunakan fluida yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan dan ikuti petunjuk pengisian yang tepat, termasuk level yang ditentukan dan prosedur pengisian yang benar.

C. Perawatan Komponen Hidrolik

1.        Pemeliharaan Pompa Hidrolik: Bersihkan dan periksa pompa hidrolik secara berkala. Periksa kondisi gigi, piston, atau bilah pompa dan pastikan tidak ada keausan berlebihan atau kerusakan.

2.        Pelumasan Komponen: Pastikan komponen hidrolik yang memerlukan pelumasan mendapatkan pelumasan yang tepat sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan.

3.        Penyesuaian Tekanan: Jika diperlukan, lakukan penyesuaian tekanan sistem hidrolik sesuai dengan spesifikasi dan rekomendasi produsen kendaraan.


Materi: Hidrolik pada Teknik Kendaraan Ringan

Monday, May 15, 2023

IV. Aplikasi Hidrolik pada Kendaraan Ringan

IV. Aplikasi Hidrolik pada Kendaraan Ringan

A. Sistem Rem Hidrolik

Komponen Sistem Rem Hidrolik

1.        Master Cylinder: Menghasilkan tekanan hidrolik ketika pedal rem ditekan dan mengirimkan tekanan tersebut ke sistem rem.

2.        Caliper Rem: Menerapkan tekanan hidrolik pada bantalan rem untuk mendorong bantalan rem ke cakram rem.

3.        Cakram Rem: Menggunakan gaya gesekan untuk memperlambat atau menghentikan pergerakan kendaraan.

4.        Drum Rem: Menggunakan gaya gesekan untuk memperlambat atau menghentikan pergerakan kendaraan pada sistem rem drum.

Proses Kerja Sistem Rem Hidrolik

1.        Ketika pengemudi menginjak pedal rem, master cylinder menghasilkan tekanan hidrolik yang mengalir ke caliper rem atau silinder rem drum.

2.        Tekanan hidrolik ini mendorong piston di caliper rem atau silinder rem drum, mendorong bantalan rem ke cakram rem atau drum rem.

3.        Gaya gesekan antara bantalan rem dan cakram rem atau drum rem menghasilkan pengereman yang memperlambat atau menghentikan pergerakan kendaraan.

B. Sistem Kemudi Hidrolik

Komponen Sistem Kemudi Hidrolik

1.        Power Steering Pump: Memompa cairan hidrolik ke sistem kemudi.

2.        Power Steering Gear: Mengubah gerakan putar setir menjadi gerakan linier untuk mengatur roda depan.

3.        Power Steering Fluid: Cairan hidrolik yang mengalir di dalam sistem untuk mentransfer tekanan dan mengurangi gesekan.

Proses Kerja Sistem Kemudi Hidrolik

1.        Ketika pengemudi memutar setir kemudi, power steering pump menghasilkan tekanan hidrolik yang dikirim ke power steering gear.

2.        Tekanan hidrolik ini menggerakkan power steering gear yang mengubah gerakan putar menjadi gerakan linier.

3.        Gerakan linier dari power steering gear mengarahkan roda depan sesuai dengan arah yang diinginkan oleh pengemudi, membuat kendaraan ringan mudah dikemudikan.

Materi: Hidrolik pada Teknik Kendaraan Ringan

Monday, May 15, 2023

III. Prinsip Kerja Sistem Hidrolik pada Kendaraan Ringan

III. Prinsip Kerja Sistem Hidrolik pada Kendaraan Ringan

A. Hukum Pascal

1.        Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diterapkan pada cairan dalam wadah tertutup akan merambat dengan sama kuatnya ke seluruh bagian wadah dan cairan tersebut.

2.        Prinsip ini merupakan dasar dari sistem hidrolik, di mana tekanan hidrolik yang dihasilkan pada satu titik akan menghasilkan tekanan yang sama di seluruh sistem.

B. Perpindahan Tekanan Hidrolik

1.        Sistem hidrolik pada kendaraan ringan bekerja dengan prinsip perpindahan tekanan hidrolik.

2.        Pompa hidrolik menghasilkan tekanan tinggi pada cairan hidrolik, yang kemudian diteruskan melalui pipa atau selang hidrolik ke komponen hidrolik lainnya.

3.        Tekanan hidrolik ini menggerakkan silinder hidrolik atau mengatur katup hidrolik, yang selanjutnya menghasilkan gerakan mekanis yang diperlukan pada kendaraan ringan.

C. Prinsip Kerja Sistem Rem Hidrolik pada Kendaraan Ringan

1.        Sistem rem hidrolik pada kendaraan ringan menggunakan tekanan hidrolik untuk menghasilkan gaya pengereman.

2.        Ketika pengemudi menginjak pedal rem, tekanan hidrolik dihasilkan oleh pompa rem dan dikirim melalui pipa atau selang hidrolik ke kaliper rem.

3.        Tekanan hidrolik ini menyebabkan piston di dalam kaliper rem menekan bantalan rem pada cakram atau drum rem, menghasilkan gaya gesekan yang mengurangi kecepatan atau menghentikan pergerakan kendaraan.

D. Prinsip Kerja Sistem Kemudi Hidrolik pada Kendaraan Ringan

1.        Sistem kemudi hidrolik pada kendaraan ringan menggunakan tekanan hidrolik untuk menggerakkan mekanisme kemudi.

2.        Ketika pengemudi memutar setir kemudi, pompa kemudi hidrolik menghasilkan tekanan hidrolik yang dikirim melalui pipa atau selang hidrolik ke unit power steering.

3.        Tekanan hidrolik ini menggerakkan silinder hidrolik atau katup hidrolik yang mengarahkan roda depan, sehingga mengubah arah kendaraan sesuai dengan kemauan pengemudi.


Materi: Hidrolik pada Teknik Kendaraan Ringan

Monday, May 15, 2023

II. Komponen Sistem Hidrolik pada Kendaraan Ringan

II. Komponen Sistem Hidrolik pada Kendaraan Ringan

A. Pompa Hidrolik

Definisi dan Fungsi

1.        Pompa hidrolik adalah komponen yang menghasilkan tekanan tinggi pada cairan hidrolik untuk menggerakkan sistem hidrolik.

2.        Fungsinya adalah memompa cairan hidrolik dari reservoir dan meneruskannya ke komponen hidrolik lainnya.

Jenis-jenis Pompa Hidrolik

1.        Pompa Gear: Menggunakan gigi-gigi yang saling berhubungan untuk menghasilkan aliran cairan hidrolik.

2.        Pompa Piston: Menggunakan gerakan naik-turun piston untuk memompa cairan hidrolik.

3.        Pompa Vane: Menggunakan bilah (vane) yang berputar di dalam ruang pompa untuk menghasilkan aliran cairan hidrolik.

B. Silinder Hidrolik

Definisi dan Fungsi

1.        Silinder hidrolik adalah komponen yang mengubah energi hidrolik menjadi gerakan mekanis linier.

2.        Fungsinya adalah menggerakkan mekanisme pada kendaraan ringan, seperti sistem rem, sistem pengangkatan, dan sistem suspensi.

Jenis-jenis Silinder Hidrolik

1.        Silinder Tunggal: Memiliki satu ruang kerja dengan satu batang piston yang menggerakkan beban dalam satu arah.

2.        Silinder Ganda: Memiliki dua ruang kerja yang terpisah oleh piston dengan dua batang piston yang dapat menggerakkan beban ke arah yang berlawanan.

C. Katup Hidrolik

Definisi dan Fungsi

1.        Katup hidrolik adalah komponen yang mengontrol aliran cairan hidrolik dalam sistem.

2.        Fungsinya adalah mengarahkan aliran, mengontrol tekanan, dan mengatur gerakan dalam sistem hidrolik.

Jenis-jenis Katup Hidrolik

 

1.        Katup Kontrol Aliran: Mengatur laju aliran cairan hidrolik.

2.        Katup Kontrol Tekanan: Mengontrol tekanan dalam sistem hidrolik.

3.        Katup Diverter: Mengarahkan aliran cairan hidrolik ke komponen yang berbeda.

4.        Katup Keseimbangan: Menjaga keseimbangan tekanan hidrolik antara dua sisi sistem.

D. Reservoir Hidrolik

Definisi dan Fungsi

1.        Reservoir hidrolik adalah tempat penyimpanan cairan hidrolik.

2.        Fungsinya adalah menyimpan cadangan cairan hidrolik, mendinginkan cairan, dan memisahkan udara dari cairan.

Materi dan Konstruksi Reservoir Hidrolik

1.        Biasanya terbuat dari logam atau plastik yang tahan terhadap korosi.

2.        Dilengkapi dengan saringan, penutup, dan lubang pemasukan dan pembuangan cairan.

E. Pipa dan Selang Hidrolik

Definisi dan Fungsi

1.        Pipa hidrolik adalah saluran yang menghubungkan komponen hidrolik untuk mengalirkan cairan hidrolik dan mentransfer tekanan hidrolik antara komponen-komponen tersebut.

2.        Selang hidrolik adalah tabung fleksibel yang terbuat dari bahan tahan tekanan tinggi, digunakan untuk menghubungkan komponen hidrolik yang bergerak atau membutuhkan fleksibilitas.

Material dan Kekuatan Pipa dan Selang Hidrolik

1.        Pipa hidrolik umumnya terbuat dari logam, seperti baja tahan karat atau tembaga, yang mampu menahan tekanan tinggi dan korosi.

2.        Selang hidrolik biasanya terbuat dari bahan karet sintetis atau termoplastik yang diperkuat dengan serat atau lapisan logam untuk menahan tekanan hidrolik yang tinggi.

Kekuatan pipa dan selang hidrolik harus memenuhi standar tertentu dan mampu menahan tekanan yang ditetapkan oleh sistem hidrolik.


Materi: Hidrolik pada Teknik Kendaraan Ringan

Monday, May 15, 2023

I. Pengenalan Hidrolik

Pengenalan Hidrolik

Definisi Hidrolik

Hidrolik adalah suatu teknologi yang menggunakan cairan (biasanya minyak hidrolik) sebagai media untuk menghasilkan dan mengontrol energi.

Sistem hidrolik menggunakan prinsip perpindahan tekanan cairan untuk menggerakkan dan mengontrol mekanisme pada kendaraan ringan.

Prinsip Kerja Hidrolik

Hukum Pascal: Menurut hukum ini, tekanan yang diterapkan pada cairan dalam suatu wadah tertutup akan merambat dengan sama kuatnya ke seluruh bagian wadah dan cairan tersebut.

Prinsip perpindahan tekanan hidrolik: a. Pompa hidrolik menghasilkan tekanan tinggi pada cairan hidrolik. b. Tekanan ini diteruskan melalui pipa atau selang hidrolik ke silinder hidrolik atau komponen lainnya. c. Tekanan hidrolik menyebabkan perpindahan atau gerakan pada silinder hidrolik, yang kemudian menggerakkan mekanisme lain di kendaraan ringan.

Keuntungan Penggunaan Sistem Hidrolik pada Kendaraan Ringan

Kekuatan besar: Sistem hidrolik dapat menghasilkan gaya atau torsi yang besar, memungkinkan kendaraan ringan untuk melakukan tugas yang memerlukan tenaga besar seperti mengangkat beban berat.

Kontrol yang akurat: Sistem hidrolik dapat dikontrol dengan presisi tinggi, sehingga memberikan kemampuan untuk mengontrol gerakan dan posisi komponen dengan tepat pada kendaraan ringan.

Responsif: Hidrolik memberikan respons yang cepat terhadap perubahan input, sehingga kendaraan ringan dapat merespons dengan cepat terhadap perintah pengemudi.

Kemampuan operasional yang luas: Sistem hidrolik dapat digunakan dalam berbagai komponen kendaraan ringan seperti sistem rem, sistem kemudi, suspensi, dan sistem pengangkatan beban.

Daya tahan yang tinggi: Komponen hidrolik dirancang untuk tahan terhadap tekanan tinggi dan beban berat, sehingga sistem hidrolik pada kendaraan ringan dapat bekerja dengan andal dalam berbagai kondisi.

Thursday, May 11, 2023

Thursday, May 11, 2023

ASESMEN FORMATIF SST

Pemilihan alat dalam servis kendaraan sebaiknya disesuaikan dengan tingkat kesulitan kerja. Seorang mekanik akan menggunakan alat-alat tangan (basic hand tools) pada pekerjaan yang relatif mudah dikerjakan, sedangkan menghadapi pekerjaan yang sukar, mekanik dapat menggunakan alat-alat khusus yang disebut special service tool (SST). Dengan menggunakan SST, pekerjaan servis kendaraan di bengkel dapat diselesaikan dengan cepat, tepat, dan efisieen tanpa merusak bagian-bagian yang dikerjakan. Pemilihan SST dalam kerja servis kendaraan di bengkel sagat ditentukan oleh jenis kendaraan dan model serta spesifikasi kendaraannya. Jenis pekerjaan yang dimaksudkan adalah pekerjaan pembongkaran, pekerjaan perakitan, penyetelan, dan sebagainya.

Alat pembongkar (remover) adalah alat khusus (SST) yang dipakai untuk melepas atau membongkar komponen seperti bearing, sil oli (oil seal), bushing, dan sebagainya. Contoh SST pembongkar adalah bearing remover, puller, bearing separator, dan sebagainya. Sedangkan replacer adalah alat yang dipakai untuk memasang atau mengganti. Kedua kategori alat tersebut dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan ukuran bagian yang akan dikerjakan.

Pada Bab IV  ini telah dipelajari tentang peralatan-peralatan khusus atau special service tools. Alat-alat khusus dimaksud adalah untuk pembongkaran maupun pemasangan komponen-komponen otomotif yang tidak dapat dilakukan dengan kunci-kunci biasa. Jenis pekerjaan yang dapat dilakukan dengan special service tools adalah pekerjaan pembongkaran, pekerjaan perakitan, penyetelan, dan sebagainya.

Untuk tahap berikutnya adalah Asesmen Formatif dengan Cara mengerjakan soal yang diberikan melalui google form berikut ini.

Kerjakan melalui alamat berikut : Kerjakan
Atau Langsung mengisi pada kolom dibawah ini.

Tuesday, May 2, 2023

Tuesday, May 02, 2023

Twibbon Hardiknas 2023 : Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar

Hari Pendidikan Nasional selalu menjadi momen penting bagi kita semua untuk merayakan pentingnya pendidikan dalam pembangunan bangsa. Tahun ini, tema Hari Pendidikan Nasional adalah "Merdeka Belajar" yang menegaskan pentingnya kemandirian dalam belajar. Kita harus bergerak bersama untuk semarakkan semangat belajar, khususnya di era pandemi ini yang membutuhkan adaptasi dan perubahan dalam sistem pembelajaran.

 Tahun ini, kita semua diajak untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional dengan semangat "Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar". Artinya, kita harus bergandengan tangan dan bekerja sama dalam upaya mengembangkan potensi diri dan orang lain melalui pendidikan. Merdeka Belajar menunjukkan bahwa setiap orang bebas untuk memilih cara belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minatnya masing-masing.

 Namun, kemandirian dalam belajar tidak berarti kita harus belajar sendiri. Kita masih membutuhkan bimbingan, dukungan, dan kerja sama dalam belajar. Sebuah komunitas belajar dapat membantu kita dalam membangun semangat belajar, meningkatkan motivasi, serta membuka jalan untuk berbagi ide dan pengalaman dengan orang lain. Kita juga dapat membantu orang lain dalam belajar, membimbing mereka, dan memberikan dukungan yang dibutuhkan.

 Hari Pendidikan Nasional bukan hanya sekedar merayakan dan mengapresiasi pengajar dan institusi pendidikan, tetapi juga kesempatan bagi kita semua untuk memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan. Dalam rangka "Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar", kita dapat membantu dalam pengembangan teknologi pendidikan, berpartisipasi dalam program pengembangan pendidikan, atau bahkan memberikan donasi untuk pendidikan. Ada banyak cara kita dapat bergerak bersama untuk semarakkan merdeka belajar di Hari Pendidikan Nasional.

 Mari bergandengan tangan untuk memperkuat sistem pendidikan kita dan menciptakan lingkungan belajar yang berdaya saing dan inklusif. Dengan semangat "Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar", kita dapat membangun Indonesia yang lebih cerdas dan maju. Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Yuk Gunakan Twibbon Hari Pendidikan Nasional.

1. Twibbon Hardiknas 1 (alamat twibbon)

3. Twibbon Hardiknas 3 (alamat Twibbon)

4. Twibbon Hardiknas 4 (alamat Twibbon)

6. Twibbon Hardiknas 6 (alamat Twibbon)
7. Twibbon Hardiknas 7 (alamat Twibbon)